Pengaruh Kecepatan Udara dan Debit Bahan Bakar pada Pembakaran Burner Berbahan Bakar Oli Bekas

Khabibbullah Enggal Mahardhika, Deri Teguh Santoso, Kardiman Kasiadi

Abstract


Penggunaan pelumas meningkat seiring berkembangnya mesin yang digunakan, namun daur ulang pelumas bekas masih belum optimal. Penelitian kali ini akan dilakukan pengujian pada burner yang menggunakan oli bekas sebagai bahan bakar, dengan pemanasan awal pada oli bekas yang bertujuan untuk memudahkan proses pembakaran burner, selain itu akan dilakukan eksperimen mengenai kecepatan udara dan debit bahan bakar terhadap temperatur, panjang lidah api, dan waktu pembakaran. Pengujian dilakukan dengan variasi kecepatan udara 2,0 m/s, 2,2 m/s, dan 2,4 m/s dengan debit bahan bakar 1,7 x 10-7 m3/s, 2,4 x 10-7 m3/s, dan 4,8 x 10-7 m3/s. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kecepatan udara yang semakin besar berpengaruh pada peningkatan temperatur, dan panjang lidah api. Sedangkan waktu pembakaran menjadi semakin cepat seiring besarnya kecepatan udara. Serta semakin besar debit aliran berpengaruh pada peningkatan temperatur dan panjang lidah api, namun tidak berpengaruh pada kenaikan waktu pembakaran.

Keywords


Burner; Oli Bekas; Pre-heating; Kecepatan Udara; Debit Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, "Profil Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang," Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, 2014.

W. P. Raharjo, "Pemanfaatan Oli Bekas Dengan Pencampuran Minyak Tanah Sebagai Bahan Bakar Pada Atomizing Burner," Jurnal Penelitian Sains dan Teknologi, vol. 10, 2009, pp. 156-168

A. Agus, Rancang Bangun Dan Uji Performa Alat Burner Babington Dengan Menggunakan Bahan Bakar Oli Bekas Dan Minyak Jelantah, Palembang: Program Studi Teknik Mesin, Universitas Iba Palembang, 2014.

A. K. Shaha, Combustion Engineering and Fuel Technology, Oxford: Oxford and IBH Publishing Company, 2007.

V. Raghavan, Combustion Technology Essential of Flames and Burners, United Kingdom: John Wiley & Sons, Ltd, 2016.

R. Prasaji, Pemanfaatan Kombinasi Fly Ash Batubara, Alkilbenzenesulfonat, dan Zeolit Pada Penjernihan Minyak Pelumas Bekas Dengan Metode Penjerapan, Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, vol. 2, no. 4, 2013, pp. 1-7.

Ridwan, Mekanika Fluida Dasar, Jakarta: Penerbit Gunadarma, 1999.

T. P. Yuono, Pengaruh Variasi Kecepatan Udara Terhadap Unjuk Kerja Fluidized Bed dengan Distributor Udara Jenis Plat, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Laifa Rahmawati, Rizky Stiyabudi, dan Christin Lita Agustiani, Pengaruh Laju Aliran Udara Terhadap Karakterisik Pembakaran Biobriket dari Limbah Penggilingan Padi (Sekam), Pelita, vol. V, no. 2, 2010.

Angga Dwinanda, Nely Ana Mufarida, dan Asmar Finali, Pengaruh Variasi Debit Aliran Terhadap Karakteristik Api Pembakaran Difusi LPG dan CNG. Proteksion, Vol 3, No. 2, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.31543/jtm.v4i3.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/

View JTM Statistics

 

Flag Counter

Online ISSN: 2548-3854

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 2.0 Generic License.