DASAR PEMIKIRAN PEMILIHAN ENERGI ALTERNATIF YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN TAHAPAN PENGUASAAN TEKNOLOGINYA

Agus Rusyana Hoetman

Abstract


Indonesia mempunyai ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk penyediaan energi masa depan. Ketersediaan sumber energi terdiri dari sumber energi fosil yang sudah mulai menipis, dan jenis  energi baru dan terbarukan yang melimpah namun belum termanfaaatkan secara optimal.

Proyeksi kebutuhan energi primer Indonesia selama 20 tahun kedepan dari th 2000 sampai 2020 meningkat, dimana akan dipenuhi oleh minyak bumi, gas bumi, batubara, hidro dan panas bumi .

Untuk memenuhi perkembangan tersebut perlu dirumuskan tahapan penguaasaan dan pengembangan teknologi yang menghasilkan produk yang efisien dan ramah lingkungan.

Tahapannya dengan membuat scenario perbaikan berdasarkan data eksisting baik dari ketersediaan sumber daya, teknologi dan pasar,  terhadap kebutuhan dan strategi penyediaan energi masa depan.

Selanjutnya analisis makro atas kondisi yang berjalan dan masa depan, termasuk kondisi kebijakan yang ada, dilanjutkan dg analisis mikro untuk menentukan langkah ilihan teknologi, pembuatan standarisasi dan industrialisasi, kemudian diterbitkanya kebijakan baru yang berpihak kepada kekuatan nasional yang mengutamakan sumber dayanya.


Keywords


Energy; Engineering;

References


. Menteri ESDM, SEMINAR Energi dalam Krisis, Universitas Gadjah Mada, 28 Juni 08

. Zuhal. A, Energy & Dev. In PJP II Workshop on Clean Energy for Environmental Protektion & Dev, Jakarta 3- 4 Oct 1992.

. Kebijakan Energi Nasional, Dewan Energi Nasional Republik Indonesia (draft KEN)

. Hoetman, Agus Rusyana DR., Karya Tulis Ilmiah Perorangan Kursus Pendidikan Lemhannas, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31543/jtm.v1i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Agus Rusyana Hoetman



View JTM Statistics Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Flag Counter Online ISSN: 2548-3854