Analisis Konsumsi Daya Sepeda Motor Listrik Tiga Roda Sebagai Pengembangan Awal Kendaraan Ramah Lingkungan Untuk Penyandang Difabel

Rolan Siregar(1*),

(1) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan kendaraan yang ramah lingkungan perlu dilakukan menuju lingkungan yang bersih dari polusi salah satunya adalah sepeda motor listrik. Dalam artikel ini dirancang sebuah prototipe sepeda motor listrik tiga roda yang ditujukan untuk alat bantu pada penyandang difabel. Perlu dilakukan pengkajian biaya konsumsi daya listrik pada sepeda motor listrik yang dirancang ini, untuk melihat gambaran perbedaan harga terhadap konsumsi bahan bakar minyak. Maka sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jarak tempuh dan konsumsi daya baterai yang digunakan pada sepeda listrik yang dibuat. Metode penelitian ini adalah dengan cara eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tempuh sepeda listrik tersebut adalah 19,71 km sampai daya baterai habis. Biaya listrik yang dibutuhkan sepeda motor listrik ini untuk menempuh jarak 1 km adalah Rp 147,89, jika dibandingkan dengan dengan sepeda motor (Vario 125 eSP)  dengan spesifikasi konsumsi bahan bakar 59,5 km/liter (asumsi menggunakan pertalite Rp 7.650 tahun 2021)  maka biaya yang dibutuhkan untuk menempuh 1 km adalah Rp 128,57. Maka biaya gasoline lebih murah dibandingkan dengan biaya daya listrik, daya listrik diambil dari listrik suatu rumah. Kedepannya dapat dilakukan perancangan sepeda motor listrik yang lebih hemat dengan  penambahan sumber energi terbarukan seperti panel solar.


Keywords


konsumsi daya listrik, green vehicle, sepeda listrik, sepeda tiga roda

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31543/jtm.v5i2.612

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Generic License. This Journal Published by Study Program of Mechanical Engineering-Institut Teknologi Indonesia.