PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA KELURAHAN SETU MELALUI PELATIHAN PEMELIHARAAN SEPEDA MOTOR

Ismojo Ismojo, Singgih Hartanto, Matsuani Matsuani, Jones Victor Tuapetel

Abstract


Menurut Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan( 2019) tercatat angka pengangguran mencapai 40 ribu. Dari jumlah tersebut, lulusan SMA/ SMK mendominasi angka pengangguran warga Kota Tangerang Selatan. Berbagai upaya mengatasi masalah tersebut telah dilakukan, diantaranya memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan pemuda lulusan SMA/ SMK. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk melatih pemuda Karang Taruna di Kelurahan Setu, Kota Tangerang Selatan dengan memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan dalam pemeliharaan/servis kendaraan sepeda motor. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Bengkel Otomotif, Prodi Teknik Mesin Otomotif, Institut Teknologi Indonesia selama 4 (empat) hari yang diukuti oleh 7 orang peserta. Materi yang diberikan meliputi teori dan praktek. Metode pelatihan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa, peserta pelatihan belajar secara aktif, sedangkan pelatih/ instruktur lebih banyak berperan sebagai fasilitator. Hasil kegiatan selama 4 (empat) hari, peserta cukup menguasai pengetahuan dan praktek pemeliharaan kendaraan sepeda motor. Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan peserta memiliki kepercayaan diri dan daya saing dalam mendapatkan pekerjaan atau membangun kewirausahaan bisnis bengkel yang masih memiliki peluang bisnis yang prospektif di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Keywords


pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2019. Angka Pengangguran Naik Jadi 7,05 Juta Orang per Agustus 2019.

Badan Pusat Statistik, Provinsi Banten 2019. Pengangguran di Kota Tangerang Didominasi Lulusan SMA.

Citra Gaffara Taqwarahmah, Bagus Riyono, Diana Setiyawati, Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 23, No 1, April 2017: 37-48.

Suprayoga, Andi Iswoyo, Ramon Syahrial (2016). Model Pemberdayaan Karang taruna di Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresikajie. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 01 (02), 134-147.

Badan Pusat Statistik Provinsi Banten 2015 – 2019.

Review Renstra Tahun 2016 – 2021, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan.

Direktorat Jendral Pemberdyaan Sosial. 2005. Pedoman Manajemen Organisasi Sosial. Depsos RI, Jakarta.

Sumardjo dan Saharudin. 2006. Metode-metode Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat. Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor.

Atma Ras, Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan, SOCIUS VOLUME XIV, Oktober - Desember 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i2.431

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i2.431.g64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.